Saturday, 2 November 2013

ERIU Communications (Technopreneurship Projects)

I.            Executive Summary
Seiring dengan berkembangnya era informasi dan komunikasi saat ini, semakin banyak edukasi mengenai  kewirausahaan atau yang biasa disebut entrepreneurship yang memberikan pengetahuan bahwa berwirausaha itu jauh lebih menguntungkan. Dengan semakin maraknya edukasi mengenai informasi tersebut, mindset masyarakat pun mulai berubah dari yang tadinya ingin menjadi pekerja sekarang mulai berpikir tentang bagaimana caranya mereka bisa membuat lapangan pekerjaan yang sekaligus dapat mengahasilkan keuntungan finansial yang tentunya bisa jauh lebih besar jika dibandingkan bila mereka hanya menjadi pekerja. Dengan demikian, semakin banyak orang yang memiliki mindset untuk menjadi entrepreneur maka semakin banyak juga usaha-usaha baik mikro, kecil, maupun menengah yang akan bermunculan.
Meskipun begitu, banyak calon entrepreneur dengan modal kecil maupun menengah yang kebingungan mau memulai usaha darimana, membuka usaha apa, atau mungkin khawatir akan perkembangan usaha yang mereka mulai. Kebanyakan orang berpikir bahwa menjadi entrepreneur bisa hanya dengan bermodalkan berani, padahal banyak hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari modal finansial, konsep usaha, strategi pemasaran, hingga bagaimana usaha tersebut bisa terus berlangsung secara berkesinambungan.
Berdasar atas latar belakang tersebut, kami memutuskan untuk membuat sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan komunikasi. Perusahaan ini nantinya akan menjadi Total Communications Solutions bagi para entrepreneur baik yang sudah memiliki modal yang mapan maupun pas-pasan untuk memulai sebuah usaha. Total Communications Solutions berarti perusahaan ini memberikan solusi mulai dari analisis, konsep usaha, promosi, mengedukasi pasar, inovasi, hingga membuat strategi online maupun offline demi keberlanjutan usaha si entrepreneur.
Perusahaan ini kami beri nama ERIU Communications. Eriu adalah nama dewi dari mitologi Irlandia yang menyimbolkan/menginterpretasikan masa modern. Filosofi ini sesuai dengan semangat entrepreneurship saat ini yang berpadu dengan kemajuan teknologi sehingga menginspirasi perusahaan kami untuk dapat menggunakan medium-medium modern untuk membuat perusahaan klien terus tumbuh dan berkembang.
ERIU Communications memberikan jasa konsultasi kepada klien yang ingin membuka maupun mengembangkan usahanya secara online sehingga perusahaan ini disebut juga Mobile Consultant Agency karena kami maupun klien bisa saling berinteraksi kapanpun dan di manapun melalui tools komunikasi yang dimiliki. Klien yang membutuhkan kita dapat mengunjungi http://www.eriucomms.com untuk memulai konsultasi. Mereka dapat memilih service yang dibutuhkan, seperti Media Handling, PR Campaign, Integrated Marketing Communications, dan sebagainya di website kami tersebut.
Target utama perusahaan kami adalah usaha mikro, kecil, dan menengah yang merupakan usaha yang biasanya dilakoni oleh entrepreneur pemula yang masih bingung untuk menggunakan modalnya menjadi usaha seperti apa, tetapi tidak menutup kemungkinan juga jika ada perusahaan besar yang ingin menggunakan jasa konsultasi kami.

II.         CONTENTS


III.      Business Description

i.             Identity
  1. Nama                           : Eriu Communications (www.eriucomms.com)
According to Irish mythology and folklore, the name was originally given to the island by the Milesians after the goddess Ériu.
The fact that Ériu is represented as goddess of Ireland, she is often interpreted as a Modern Day.
  1. Lokasi                         : Alam Sutera, Melati Mas, Gading Serpong, Serpong Raya,
  Tangerang, Bintaro
  1. Contact Person            :

ii.           Vision and Mission
Visi               : Menjadi Total Communications Solutions bagi Entrepreneur untuk mengembangkan usahanya mulai dari tahap Introduction, Growth, hingga Maturity.
Misi               : Menyediakan jasa konsultasi meliputi ‘the ideas’ , Media Handling, PR Campaign, Financial Advisory, Customer Relations, dan Integrated Marketing Communications secara online.

iii.         Services
Eriu Communications adalah agency yang menyediakan jasa konsultasi online yang mempunyai communications activites seperti:
1.      Media Handling yg meliputi news monitoring, media analyze, media contact, media gathering dan press conference.
2.      PR Campaign meliputi brand activation, branding, market education, product knowledge, and propaganda.
3.      Financial Advisory yang meliputi
4.      Integrated Marketing Communications meliputi Word of Mouth, Advertising & Promotions, Online Communications, Marketing Mix,
5.      Customer Relations meliputi CRM (Customer Relationship Management)
IV.      Operations Plan
Eriu Communications berupa home agency konsultan yang memberikan jasanya melalui online.
·         Mobile-consultant agency
·         Laptop
·         High Speed Wifi Connection
·         Gadgets (Blackberry, iPad, Galaxy Tab)
·         Fax, Fotocopy and Scanning Machine
·         2 Telephone (Fix Line)
·         Kontrakan di daerah di Gading Serpong
·         Art Director

Home Agency beroperasi dari jam 09.00 – 17.00 pada hari kerja. Namun, pada dasarnya kita selalu standby pada Weekdays & Weekend. Jika Klien ingin menggunakan jasa konsultasi Eriu Comms, klien bisa langsung mengunjungi website kita www.eriucomms.com

V.         Financial Plan
Modal awal untuk start-up business seperti sewa kontrakan, telepon, mesin fax, Wireless Router, & computer.
Berikut perinciannya:
Equipment:
·         Sewa Rumah Kontrakan (1thn/40jt)
·         2 Fix Telephone (@500.000 x 2 : 1jt)
·         Fax, Fotocopy, Scanning Machine (2jt)
·         3 PC (@3jt x 3 : 9jt)
·         Dispenser (1jt)
·         AC (2,5jt)
·         5 Table + chair (@1,5jt x 5 : 7,5jt)
·         Meeting Table (4jt)
·         LCD TV (6jt)
·         Whiteboard (1jt)
·         ATK

VI.      Marketing Plan
Target Market
·         Fresh Graduate yang mindset-nya tidak mau terjun ke dunia kerja tetapi ingin langsung membuka usaha.
·         Investor yang ingin menggunakan modalnya sebagai modal usaha.
·         Perusahaan yang ingin menjaga eksistensinya, mengembangkan usahanya, maupun ekspansi usaha.
Promotion Plan
·         Testimonial dari semua klien untuk ditampilkan di website, blog, dan social media lainnya.
·         Ikut serta dalam setiap pameran UKM di berbagai kesempatan.
·         Membuat event yang diselenggarakan langsung oleh ERIU Communications.
·         Membuat akun-akun social media untuk medium promosi dan broadcast message dari BBM ™.
·         Menciptakan efek WOM dari setiap program yang kami buat.
·         Membuka stand/booth di universitas-universitas yang sedang menyelenggarakan event.
·         Membuat corporate id yang dapat meningkatkan awareness masyarakat, seperti stiker, one way  vision untuk mobil, kemeja yang seragam, dll.
·         Mensponsori kegiatan-kegiatan atau seminar-seminar entrepreneurship.
·         Memberikan merchandise untuk klien.
·         Melakukan posting di setiap komunitas online di dunia PR, marketing, dan advertising.
·         Mengirimkan Portfolio kepada calon client

VII.   Competitor Analysis
Strength
·      Memiliki website yang bersifat interaktif (2.0)
·      Memberikan Total Communication Service
·      Merupakan Mobile-consultant agency
Weakness
·      Keterbatasan sumber daya manusia
·      Minim experience
Opportunities
·      Belum ada usaha total communication yang mobile
·      Semakin berkembangnya mindset untuk berwirausaha
·      Banyaknya orang yang memiliki konsep tetapi tidak memiliki modal dan juga sebaliknya
Threat
·      Banyak perusahaan yang serupa
·      Keterbatasan pengusaha kecil terhadap pengetahuan dan penggunaan medium online
·      Ketersediaan infrastruktur yang kurang memadai

VIII.    Risk Analysis
Political
·         Adanya regulasi (UU ITE) yang dapat mengancam

Economic
·         Ketidakstabilan perekonomian Indonesia

Social
·         Masih banyak entrepreneur yang takut untuk mengambil resiko dan bermain aman
·         Masih ada masyarakat yang belum melek teknologi
·         Masih ada keraguan dalam memanfaatkan pelayanan online (kurang percaya terhadap transaksi online)

Technology
·         Infrastruktur teknologi (internet) yang masih kurang memadai

·         Keterbatasan pengetahuan akan pengoperasian komputer

No comments:

Post a Comment