ERIU Communications (Technopreneurship Projects)
I.
Executive Summary
Seiring dengan berkembangnya
era informasi dan komunikasi saat ini, semakin banyak edukasi mengenai kewirausahaan atau yang biasa disebut entrepreneurship yang memberikan
pengetahuan bahwa berwirausaha itu jauh lebih menguntungkan. Dengan semakin
maraknya edukasi mengenai informasi tersebut, mindset masyarakat pun mulai berubah dari yang tadinya ingin
menjadi pekerja sekarang mulai berpikir tentang bagaimana caranya mereka bisa
membuat lapangan pekerjaan yang sekaligus dapat mengahasilkan keuntungan finansial
yang tentunya bisa jauh lebih besar jika dibandingkan bila mereka hanya menjadi
pekerja. Dengan demikian, semakin banyak orang yang memiliki mindset untuk menjadi entrepreneur maka semakin banyak juga usaha-usaha
baik mikro, kecil, maupun menengah yang akan bermunculan.
Meskipun begitu, banyak
calon entrepreneur dengan modal kecil maupun menengah yang kebingungan mau
memulai usaha darimana, membuka usaha apa, atau mungkin khawatir akan
perkembangan usaha yang mereka mulai. Kebanyakan orang berpikir bahwa menjadi entrepreneur bisa hanya dengan
bermodalkan berani, padahal banyak hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari
modal finansial, konsep usaha, strategi pemasaran, hingga bagaimana usaha
tersebut bisa terus berlangsung secara berkesinambungan.
Berdasar atas latar belakang
tersebut, kami memutuskan untuk membuat sebuah perusahaan yang bergerak di
bidang konsultan komunikasi. Perusahaan ini nantinya akan menjadi Total Communications Solutions bagi para
entrepreneur baik yang sudah memiliki
modal yang mapan maupun pas-pasan untuk memulai sebuah usaha. Total Communications Solutions berarti perusahaan
ini memberikan solusi mulai dari analisis, konsep usaha, promosi, mengedukasi
pasar, inovasi, hingga membuat strategi online
maupun offline demi keberlanjutan
usaha si entrepreneur.
Perusahaan ini kami beri
nama ERIU Communications. Eriu
adalah nama dewi dari mitologi Irlandia yang menyimbolkan/menginterpretasikan
masa modern. Filosofi ini sesuai dengan semangat entrepreneurship saat ini yang berpadu dengan kemajuan teknologi
sehingga menginspirasi perusahaan kami untuk dapat menggunakan medium-medium
modern untuk membuat perusahaan klien terus tumbuh dan berkembang.
ERIU Communications
memberikan jasa konsultasi kepada klien yang ingin membuka maupun mengembangkan
usahanya secara online sehingga perusahaan
ini disebut juga Mobile Consultant Agency
karena kami maupun klien bisa saling berinteraksi kapanpun dan di manapun
melalui tools komunikasi yang
dimiliki. Klien yang membutuhkan kita dapat mengunjungi http://www.eriucomms.com untuk memulai konsultasi. Mereka dapat memilih service yang dibutuhkan, seperti Media Handling, PR Campaign, Integrated
Marketing Communications, dan sebagainya di website kami tersebut.
Target utama perusahaan kami
adalah usaha mikro, kecil, dan menengah yang merupakan usaha yang biasanya
dilakoni oleh entrepreneur pemula
yang masih bingung untuk menggunakan modalnya menjadi usaha seperti apa, tetapi
tidak menutup kemungkinan juga jika ada perusahaan besar yang ingin menggunakan
jasa konsultasi kami.
II.
CONTENTS
III.
Business
Description
i.
Identity
- Nama : Eriu Communications (www.eriucomms.com)
According
to Irish mythology and folklore,
the name was originally given to the island by the Milesians after the
goddess Ériu.
The
fact that Ériu is represented as
goddess of Ireland, she is often interpreted as a Modern Day.
- Lokasi : Alam Sutera, Melati Mas, Gading
Serpong, Serpong Raya,
Tangerang,
Bintaro
- Contact Person :
ii.
Vision
and Mission
Visi : Menjadi Total Communications Solutions bagi Entrepreneur untuk
mengembangkan usahanya mulai dari tahap Introduction, Growth, hingga Maturity.
Misi : Menyediakan
jasa konsultasi meliputi ‘the ideas’ ,
Media Handling, PR Campaign, Financial Advisory, Customer Relations, dan
Integrated Marketing Communications secara online.
iii.
Services
Eriu
Communications adalah agency yang menyediakan jasa konsultasi online yang
mempunyai communications activites seperti:
1. Media
Handling yg meliputi news monitoring, media analyze, media contact, media
gathering dan press conference.
2. PR
Campaign meliputi brand activation, branding, market education, product
knowledge, and propaganda.
3. Financial
Advisory yang meliputi
4. Integrated
Marketing Communications meliputi Word of Mouth, Advertising & Promotions,
Online Communications, Marketing Mix,
5. Customer
Relations meliputi CRM (Customer Relationship Management)
IV.
Operations
Plan
Eriu
Communications berupa home agency
konsultan yang memberikan jasanya melalui online.
·
Mobile-consultant
agency
·
Laptop
·
High Speed Wifi Connection
·
Gadgets (Blackberry, iPad, Galaxy Tab)
·
Fax, Fotocopy and Scanning Machine
·
2 Telephone (Fix Line)
·
Kontrakan di daerah di Gading Serpong
·
Art Director
Home
Agency beroperasi dari jam 09.00 – 17.00 pada hari kerja. Namun, pada dasarnya
kita selalu standby pada Weekdays &
Weekend. Jika Klien ingin menggunakan jasa konsultasi Eriu Comms, klien
bisa langsung mengunjungi website kita www.eriucomms.com
V.
Financial
Plan
Modal
awal untuk start-up business seperti sewa kontrakan, telepon, mesin fax,
Wireless Router, & computer.
Berikut
perinciannya:
Equipment:
·
Sewa Rumah Kontrakan (1thn/40jt)
·
2 Fix Telephone (@500.000 x 2 : 1jt)
·
Fax, Fotocopy, Scanning Machine (2jt)
·
3 PC (@3jt x 3 : 9jt)
·
Dispenser (1jt)
·
AC (2,5jt)
·
5 Table + chair (@1,5jt x 5 : 7,5jt)
·
Meeting Table (4jt)
·
LCD TV (6jt)
·
Whiteboard (1jt)
·
ATK
VI. Marketing
Plan
Target Market
·
Fresh Graduate yang mindset-nya
tidak mau terjun ke dunia kerja tetapi ingin langsung membuka usaha.
·
Investor yang ingin menggunakan modalnya sebagai modal usaha.
·
Perusahaan
yang ingin menjaga eksistensinya, mengembangkan usahanya, maupun ekspansi
usaha.
Promotion Plan
·
Testimonial
dari semua klien untuk ditampilkan di website, blog, dan social media lainnya.
·
Ikut
serta dalam setiap pameran UKM di berbagai kesempatan.
·
Membuat
event yang diselenggarakan langsung oleh ERIU Communications.
·
Membuat
akun-akun social media untuk medium
promosi dan broadcast message dari
BBM ™.
·
Menciptakan
efek WOM dari setiap program yang kami buat.
·
Membuka
stand/booth di universitas-universitas yang sedang menyelenggarakan event.
·
Membuat
corporate id yang dapat meningkatkan awareness masyarakat, seperti stiker, one way
vision untuk mobil, kemeja yang seragam, dll.
·
Mensponsori
kegiatan-kegiatan atau seminar-seminar entrepreneurship.
·
Memberikan
merchandise untuk klien.
·
Melakukan
posting di setiap komunitas online di dunia PR, marketing, dan advertising.
·
Mengirimkan
Portfolio kepada calon client
VII. Competitor
Analysis
Strength
·
Memiliki
website yang bersifat interaktif (2.0)
·
Memberikan
Total Communication Service
·
Merupakan
Mobile-consultant agency
Weakness
·
Keterbatasan
sumber daya manusia
·
Minim
experience
Opportunities
·
Belum
ada usaha total communication yang mobile
·
Semakin
berkembangnya mindset untuk
berwirausaha
·
Banyaknya
orang yang memiliki konsep tetapi tidak memiliki modal dan juga sebaliknya
Threat
·
Banyak
perusahaan yang serupa
·
Keterbatasan
pengusaha kecil terhadap pengetahuan dan penggunaan medium online
·
Ketersediaan
infrastruktur yang kurang memadai
VIII. Risk
Analysis
Political
·
Adanya
regulasi (UU ITE) yang dapat mengancam
Economic
·
Ketidakstabilan
perekonomian Indonesia
Social
·
Masih
banyak entrepreneur yang takut untuk
mengambil resiko dan bermain aman
·
Masih
ada masyarakat yang belum melek teknologi
·
Masih
ada keraguan dalam memanfaatkan pelayanan online
(kurang percaya terhadap transaksi online)
Technology
·
Infrastruktur
teknologi (internet) yang masih kurang memadai
·
Keterbatasan
pengetahuan akan pengoperasian komputer
No comments:
Post a Comment