Saturday, 2 November 2013

Analisis Event: Wahana Kebaikan Alam AQUA


Event Background
Alam telah memberikan kebaikan alam yang terbaik untuk kita, inilah saatnya kita menikmati dan mempelajari kebaikan alam dengan cara yang terbaik. Untuk menghadirkan nuansa kebaikan alam terbaik di tengah kota, DANONE AQUA mempersembahkan “Wahana Kebaikan Alam DANONE AQUA” yang berlangsung pada akhir Januari 2010 di Istora Senayan, Jakarta.
Inilah aktivitas seru untuk keluarga sehat Indonesia agar bisa lebih menikmati, mempelajari dan menghargai kebaikan alam.  Di “Wahana Kebaikan Alam DANONE AQUA”, Anda sekeluarga bisa menikmati berbagai wahana seru seperti, Demonstrasi Siklus Air, Permainan Keluarga. Water Pipe, Ekspresi Kebaikan Alam, AQUApedia, Flying Fox, AQUAkustik, dan masih banyak lagi. Selain bisa lebih mendekatkan diri dengan keluarga, “Wahana Kebaikan Alam DANONE AQUA” juga berusaha mengajak kita untuk  bisa lebih dekat dengan alam, menikmati keajaiban alam, menyelami manfaat kebaikan alam, dan lebih menghargai kekayaan alam yang  tak ternilai harganya.
Sebagai perintis merek air minum dalam kemasan di Indonesia, AQUA menghadapi meningkatnya komoditisasi produk dankompetisi dari stasiun galon air isi ulang. Memenuhi tantangan tersebut, AQUA mengembangkan posisi pasar baru "Kebaikan Alam" dengan harapan untuk membangun diferensiasi. Arah ini bertujuan untuk menyampaikan bagaimana hati-hati memilih merek setiap sumber air pegunungan, menjaga kebaikan alam di setiap tetes air utuh dan memelihara sumber daerah untuk mempertahankan kualitas. Akhirnya pesan-pesan baru dimulai dengan kampanye kesadaran yang berkelanjutan yang kuat. Dalam dukungan untuk membangun pemahaman yang lebih dalam pesan, program keterlibatan publik kemudian dikonseptualisasikan. Program yang berjudul "Wahana KebaikanAlam" dirancang untuk menjadi kendaraan peristiwa yang disajikan semua fakta, diferensiasi dan nilai-nilai yang dibawa oleh pesan-pesan merek. Berbeda dengan kampanye kesadaran yang kuat disampaikan dalam TV dan Cetak, program acara ini sangat mengandalkan pada pendekatan distribusi selebaran kepada masyarakat.
Wahana Kebaikan Alam Aqua, diantaranya,tangkap kebaikan alam, burma bridge, terima kasih alam, panggung cerita kebaikan alam, melukis dengan bahan alam, aquapedia, kreativitas dari alam, bermain dengan binatang, permainan blind soccer, sahabat alam, foto ceria kebaikan alam, permainan alirkan air, permainan jejak petualang, permainan giant puzzle, permainan buta bisu normal, permainan kunci keutuhan air, national geographic indonesia, permainan dinosaurus, aquakustik, boincy castle, permainan buldozer, dan panggung ceria kebaikan alam.

Source                  : AQUA PT Tirta Investama (Company), ONEcomm Indonesia (Agency)
Message              : Perlunya memberikan alasan yang kuat agar konsumen percaya dengan menciptakan cerita yang mengikat dan memberikan pengalaman secara untuk konsumen bahwa AQUA adalah produk dari alam yang baik bagi hidup mereka.
Channel               : Amusement Park di tengah kota bertemakan kebaikan alam dengan konsep alam terbuka yang memberikan kesempatan kepada anak-anak dan keluarga untuk berinteraksi dengan alam, serta memeroleh berbagai pengetahuan dan manfaat kebaikan alam secara baik, mudah, dan menyenangkan
Receiver              : Masyarakat perkotaan, khususnya keluarga yang tinggal di wilayah JABODETABEK.
Feedback            : 110.000 pengunjung dalam 2 hari sebuah rekor pencapaian yang sangat tinggi untuk event implementasi brand berskala besar yang pertama kali diselenggarakan, event tersebut menimbulkan BUZZ dan menciptakan persepsi bahwa AQUA adalah produk dari alam yang baik bagi hidup.
Noise                    : Hujan menyebabkan area menjadi becek, pengunjung melebihi ekspektasi sehingga terlalu crowded.



Analysis
1.       Research
AQUA sebagai produsen air minum dalam kemasan (AMDK) terbesar di Indonesia ingin mengukuhkan eksistensinya sebagai air minum yang alami dan menyehatkan. Berdasar dari taglinenya “Kebaikan Alam, Kebaikan Hidup”, AQUA ingin membuat konsumenya memiliki pengalaman secara langsung untuk dapat merasakan alam terbuka di tengah kepenatan kota. Sebuah event yang diharapkan dapat membuat persepsi masyarakat bahwa AQUA adalah benar-benar membawa kebaikan alam kedalam kehidupan kita. Riset yang dilakukan oleh agency menunjukkan bahwa masyarakat kota Jakarta membutuhkan hiburan yang tidak melulu ke mall, bermacet-macetan ke luar kota, ataupun hanya berdiam diri di rumah.

2.       Design
Membuat event raksasa merupakan salah satu cara untuk meningkatkan awareness publik tentang sebuah produk. Karena itu, akan sangat menarik bila diciptakan sebuah tempat rekreasi di tengah kota dengan atmosfer alam terbuka meskipun dengan lahan dan waktu yang sangat terbatas namun bisa dinikmati oleh semua kalangan secara gratis. Dengan konsep permainan, ilmu pengetahuan, dan hiburan, event ini akan menarik banyak pengunjung sehingga pesan-pesan yang disampaikan dapat diberikan kepada masyarakat secara masif.

3.       Planning
Nama & Tema   : Wahana Kebaikan Alam: AQUA untuk Keluarga Indonesia (AKSI)
Waktu                   : Sabtu-Minggu 30-31 Januari 2010, 2x14 jam (Weekend untuk menarik banyak pengunjung)
Tempat                                : Plaza Utara Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta (di tengah kota Jakarta yang mudah dijangkau dengan lahan luas yang memiliki banyak pohon dan cukup terbuka)
Konsep Acara    : Amusement Park terbuka (Dengan background yang dibuat sealami mungkin agar pengunjung terasa menyatu dengan alam)
Layout                  : 26 Wahana yang terdiri dari wahana permainan, pengetahuan, kreatifitas, hiburan, hingga talkshow dengan para pakar kesehatan (bertujuan untuk mengenalkan pengunjung terhadap murninya AQUA yang berasal dari alam sehingga baik untuk kesehatan, serta MC artis ternama dan bintang-bintang cilik yang sesuai dengan target audiencenya)
Promosi               : Melalui Flyer dan media massa cetak dan online.
4.       Coordination
Wahana ini digelar selama dua hari. Keluarga Indonesia bisa mengikuti acara ini dengan gratis dan akan dipandu oleh petugas dari Aqua. Hari pertama Wahana Kebaikan Alam, dipadati oleh sekitar 35 ribu orang, tak hanya dari kota Jakarta namun dari kota-kota sekelilingnya. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman berjelajah di tiga wahana utama, yakni Siklus Air, Terjaga Seutuhnya, dan Tangkap Kebaikan Alam. Selain itu juga disediakan wahana outbond bagi anak-anak yang ingin melatih ketangkasan. Meski tanah cukup becek karena hajaran hujan semalam, antusiasme pengunjung tidak berkurang. Bahkan sebelum wahana dibuka pada pukul 08.00 WIB pagi, orang tua beserta anak-anaknya telah memadati pintu gerbang masuk. Keseluruhan wahana besutan produsen air mineral dalam kemasan Aqua ini mirip dengan museum yang menggambarkan siklus air dan alam, lengkap dengan fasilitas permainan.
Wahana ini bertujuan untuk mengedukasi keluarga Indonesia untuk lebih memiliki kebiasaan sehat, dengan berinteraksi dengan alam. Aqua ingin mengajak keluarga dan anak-anak untuk mengerti pentingnya menjaga kelestarian alam. Oleh karenanya, Aqua membekali masing-masing keluarga dengan satu pohon kecil yang bisa ditanam di rumah. Selain itu, akan diberikan sertifikat, selayaknya peserta seminar baru mendapatkan pelatihan.
Sebanyak 110 ribu orang menjejali wahana selama dua hari ini. Wahana Siklus Air dan Alam, terlihat paling diminati oleh pengunjung, terutama anak-anak. Karena, tak sekedar bermain, anak-anak diberi pengetahuan bagaimana air yang sehat didapatkan dari sumber pegunungan.
Antusiasme pengunjung pada konsep ini cukup baik, mereka mendengarkan seperti di museum. Ujung wahana, terhampar panggung hiburan yang menyuguhkan penampilan artis-artis Idola Cilik, salah satunya Debo, dan pembawa acara Deni Chandra dan Sarah Sechan.

5.       Evaluation
Secara keseluruhan, event ini berjalan dengan sangat baik. Hanya saja waktu penyelenggaraannya kurang lama. Sebaiknya event ini dilaksanakan selama satu minggu penuh, atau minimal setiap weekend selama 1 bulan. Karena persiapan yang begitu lama sayang sekali bila hanya digunakan untuk 2 hari saja. Selain itu, media promosi seharusnya juga gencar dilakukan di media televisi agar diketahaui masyarakat luas, khususnya yang tinggal di wilayah perkotaan. Jadi event ini akan memberikan dampak yang jauh lebih besar kepada publik.



No comments:

Post a Comment