Analisis Event: Wahana Kebaikan Alam AQUA
Event Background
Alam telah memberikan kebaikan alam yang terbaik untuk
kita, inilah saatnya kita menikmati dan mempelajari kebaikan alam dengan cara
yang terbaik. Untuk menghadirkan nuansa kebaikan alam terbaik di tengah kota,
DANONE AQUA mempersembahkan “Wahana Kebaikan Alam DANONE AQUA” yang berlangsung
pada akhir Januari 2010 di Istora Senayan, Jakarta.
Inilah aktivitas seru untuk keluarga sehat Indonesia
agar bisa lebih menikmati, mempelajari dan menghargai kebaikan
alam. Di “Wahana Kebaikan Alam DANONE AQUA”, Anda sekeluarga bisa
menikmati berbagai wahana seru seperti, Demonstrasi Siklus Air, Permainan
Keluarga. Water Pipe, Ekspresi Kebaikan Alam, AQUApedia, Flying Fox,
AQUAkustik, dan masih banyak lagi. Selain bisa lebih mendekatkan diri dengan
keluarga, “Wahana Kebaikan Alam DANONE AQUA” juga berusaha mengajak kita
untuk bisa lebih dekat dengan alam, menikmati keajaiban
alam, menyelami manfaat kebaikan alam, dan lebih menghargai kekayaan alam yang tak
ternilai harganya.
Sebagai perintis merek air minum dalam kemasan di Indonesia, AQUA menghadapi meningkatnya komoditisasi produk dankompetisi dari stasiun galon air isi ulang. Memenuhi tantangan tersebut, AQUA mengembangkan posisi pasar baru "Kebaikan Alam" dengan harapan untuk membangun diferensiasi. Arah ini bertujuan untuk menyampaikan bagaimana hati-hati memilih merek setiap sumber air pegunungan, menjaga kebaikan alam di setiap tetes air utuh dan memelihara sumber daerah untuk mempertahankan kualitas. Akhirnya pesan-pesan baru dimulai dengan kampanye kesadaran yang berkelanjutan yang kuat. Dalam dukungan untuk membangun pemahaman yang lebih dalam pesan, program keterlibatan publik kemudian dikonseptualisasikan. Program yang berjudul "Wahana KebaikanAlam" dirancang untuk menjadi kendaraan peristiwa yang disajikan semua fakta, diferensiasi dan nilai-nilai yang dibawa oleh pesan-pesan merek. Berbeda dengan kampanye kesadaran yang kuat disampaikan dalam TV dan Cetak, program acara ini sangat mengandalkan pada pendekatan distribusi selebaran kepada masyarakat.
Wahana
Kebaikan Alam Aqua, diantaranya,tangkap kebaikan alam, burma bridge, terima
kasih alam, panggung cerita kebaikan alam, melukis dengan bahan alam,
aquapedia, kreativitas dari alam, bermain dengan binatang, permainan blind
soccer, sahabat alam, foto ceria kebaikan alam, permainan alirkan air,
permainan jejak petualang, permainan giant puzzle, permainan buta bisu normal,
permainan kunci keutuhan air, national geographic indonesia, permainan
dinosaurus, aquakustik, boincy castle, permainan buldozer, dan panggung ceria
kebaikan alam.
Source :
AQUA PT Tirta Investama (Company), ONEcomm Indonesia (Agency)
Message :
Perlunya memberikan alasan yang kuat agar konsumen percaya dengan menciptakan
cerita yang mengikat dan memberikan pengalaman secara untuk konsumen bahwa AQUA
adalah produk dari alam yang baik bagi hidup mereka.
Channel :
Amusement Park di tengah kota bertemakan kebaikan alam dengan konsep alam
terbuka yang memberikan kesempatan kepada
anak-anak dan keluarga untuk berinteraksi dengan alam, serta memeroleh berbagai
pengetahuan dan manfaat kebaikan alam secara baik, mudah, dan menyenangkan
Receiver :
Masyarakat perkotaan, khususnya keluarga yang tinggal di wilayah JABODETABEK.
Feedback :
110.000 pengunjung dalam 2 hari sebuah rekor pencapaian yang sangat tinggi
untuk event implementasi brand berskala besar yang pertama kali diselenggarakan,
event tersebut menimbulkan BUZZ dan menciptakan persepsi bahwa AQUA adalah
produk dari alam yang baik bagi hidup.
Noise :
Hujan menyebabkan area menjadi becek, pengunjung melebihi ekspektasi sehingga
terlalu crowded.
Analysis
1.
Research
AQUA sebagai produsen air minum
dalam kemasan (AMDK) terbesar di Indonesia ingin mengukuhkan eksistensinya
sebagai air minum yang alami dan menyehatkan. Berdasar dari taglinenya
“Kebaikan Alam, Kebaikan Hidup”, AQUA ingin membuat konsumenya memiliki
pengalaman secara langsung untuk dapat merasakan alam terbuka di tengah
kepenatan kota. Sebuah event yang diharapkan dapat membuat persepsi masyarakat
bahwa AQUA adalah benar-benar membawa kebaikan alam kedalam kehidupan kita.
Riset yang dilakukan oleh agency menunjukkan bahwa masyarakat kota Jakarta
membutuhkan hiburan yang tidak melulu ke mall, bermacet-macetan ke luar kota,
ataupun hanya berdiam diri di rumah.
2.
Design
Membuat event raksasa merupakan
salah satu cara untuk meningkatkan awareness
publik tentang sebuah produk. Karena itu, akan sangat menarik bila diciptakan
sebuah tempat rekreasi di tengah kota dengan atmosfer alam terbuka meskipun
dengan lahan dan waktu yang sangat terbatas namun bisa dinikmati oleh semua
kalangan secara gratis. Dengan konsep permainan, ilmu pengetahuan, dan hiburan,
event ini akan menarik banyak pengunjung sehingga pesan-pesan yang disampaikan
dapat diberikan kepada masyarakat secara masif.
3.
Planning
Nama & Tema : Wahana Kebaikan Alam: AQUA untuk Keluarga
Indonesia (AKSI)
Waktu : Sabtu-Minggu 30-31 Januari 2010, 2x14 jam
(Weekend untuk menarik banyak pengunjung)
Tempat : Plaza Utara Gelora Bung Karno
Senayan, Jakarta (di tengah kota Jakarta yang mudah dijangkau dengan lahan luas
yang memiliki banyak pohon dan cukup terbuka)
Konsep Acara : Amusement Park
terbuka (Dengan background yang dibuat sealami mungkin agar pengunjung terasa
menyatu dengan alam)
Layout : 26 Wahana yang terdiri dari wahana permainan,
pengetahuan, kreatifitas, hiburan, hingga talkshow
dengan para pakar kesehatan (bertujuan untuk mengenalkan pengunjung terhadap
murninya AQUA yang berasal dari alam sehingga baik untuk kesehatan, serta MC
artis ternama dan bintang-bintang cilik yang sesuai dengan target audiencenya)
Promosi : Melalui Flyer dan media massa cetak dan online.
4.
Coordination
Wahana ini digelar selama dua hari. Keluarga Indonesia bisa
mengikuti acara ini dengan gratis dan akan dipandu oleh petugas dari Aqua. Hari pertama Wahana Kebaikan Alam,
dipadati oleh sekitar 35 ribu orang, tak hanya dari kota Jakarta namun dari
kota-kota sekelilingnya. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman berjelajah di tiga wahana
utama, yakni Siklus Air, Terjaga Seutuhnya, dan Tangkap Kebaikan Alam. Selain
itu juga disediakan wahana outbond bagi anak-anak yang ingin melatih
ketangkasan. Meski
tanah cukup becek karena hajaran hujan semalam, antusiasme pengunjung tidak
berkurang. Bahkan sebelum wahana dibuka pada pukul 08.00 WIB pagi, orang tua
beserta anak-anaknya telah memadati pintu gerbang masuk. Keseluruhan wahana besutan produsen
air mineral dalam kemasan Aqua ini mirip dengan museum yang menggambarkan
siklus air dan alam, lengkap dengan fasilitas permainan.
Wahana ini bertujuan untuk mengedukasi keluarga Indonesia untuk
lebih memiliki kebiasaan sehat, dengan berinteraksi dengan alam. Aqua ingin
mengajak keluarga dan anak-anak untuk mengerti pentingnya menjaga kelestarian
alam. Oleh karenanya, Aqua membekali
masing-masing keluarga dengan satu pohon kecil yang bisa ditanam di rumah.
Selain itu, akan diberikan sertifikat, selayaknya peserta seminar baru
mendapatkan pelatihan.
Sebanyak 110 ribu orang menjejali wahana selama dua hari ini. Wahana Siklus Air dan Alam, terlihat paling diminati oleh pengunjung, terutama anak-anak. Karena, tak sekedar bermain, anak-anak diberi pengetahuan bagaimana air yang sehat didapatkan dari sumber pegunungan.
Antusiasme pengunjung pada konsep ini cukup baik, mereka mendengarkan seperti di museum. Ujung wahana, terhampar panggung hiburan yang menyuguhkan penampilan artis-artis Idola Cilik, salah satunya Debo, dan pembawa acara Deni Chandra dan Sarah Sechan.
Sebanyak 110 ribu orang menjejali wahana selama dua hari ini. Wahana Siklus Air dan Alam, terlihat paling diminati oleh pengunjung, terutama anak-anak. Karena, tak sekedar bermain, anak-anak diberi pengetahuan bagaimana air yang sehat didapatkan dari sumber pegunungan.
Antusiasme pengunjung pada konsep ini cukup baik, mereka mendengarkan seperti di museum. Ujung wahana, terhampar panggung hiburan yang menyuguhkan penampilan artis-artis Idola Cilik, salah satunya Debo, dan pembawa acara Deni Chandra dan Sarah Sechan.
5.
Evaluation
Secara keseluruhan, event ini berjalan dengan
sangat baik. Hanya saja waktu penyelenggaraannya kurang lama. Sebaiknya event
ini dilaksanakan selama satu minggu penuh, atau minimal setiap weekend selama 1
bulan. Karena persiapan yang begitu lama sayang sekali bila hanya digunakan
untuk 2 hari saja. Selain itu, media promosi seharusnya juga gencar dilakukan
di media televisi agar diketahaui masyarakat luas, khususnya yang tinggal di
wilayah perkotaan. Jadi event ini akan memberikan dampak yang jauh lebih besar
kepada publik.
No comments:
Post a Comment