Saturday, 2 November 2013


ANALISIS CORPORATE PHILANTROPY
PADA PT SIDO MUNCUL



I.                   Corporate Philanthropy
Corporate philanthropy atau kedermawanan perusahaan mungkin merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan yang paling tua.  Pada aktivitas  ini perusahaan memberikan sumbangan langsung dalam bentuk derma untuk kalangan masyarakat tertentu. Sumbangan tersebut biasanya berbentuk pemberian uang secara tunai, bingkisan/paket bantuan atau pelayanan secara cuma-cuma. Kegiatan filantropi biasanya berkaitan dengan berbagai kegiatan sosial yang menjadi prioritas perhatian perusahaan. Benefit yang dapat diperoleh perusahaan dengan melaksanakan kegiatan corporate philanthropy adalah meningkatkan reputasi perusahaan, memperkuat bisnis perusahaan di masa depan dan memberi dampak bagi penyelesaian masalah sosial dalam komunitas lokal.
• Berbagai program corporate philanthropy yang dilaksanakan perusahaan antara lain:
a. Program corporate philanthropy dalam bentuk sumbangan uang tunai.
b. Program corporate philanthropy dalam bentuk bantuan hibah.
c. Program corporate philanthropy dalam bentuk penyediaan beasiswa.
d. Program corporate philanthropy dalam bentuk pemberian produk.
e. Program corporate philanthropy dalam bentuk pemberian layanan cuma-cuma.
f. Program corporate philanthropy dalam bentuk penyediaan keahlian teknis oleh karyawan perusahaan secara cuma-cuma.
g. Program corporate philanthropy dengan mengijinkan penggunaan fasilitas dan saluran distribusi yang dimiliki perusahaan untuk digunakan bagi kegiatan sosial.
h. Program corporate philanthropy yang dilakukan perusahaan dengan cara menawarkan penggunaan peralatan yang dimiliki oleh perusahaan.



II.                  Profil Perusahaan




PT SidoMuncul bermula dari sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940, dikelola oleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta, dan dibantu oleh tiga orang karyawan. Usaha terus bertumbuh hingga kini dengan pabrik baru yang berlokasi Ungaran, dengan luas 29 ha tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia, dr Achmad Sujudi pada tanggal 11 November 2000. Saat peresmian pabrik, Sido Muncul sekaligus menerima dua sertifikat yaitu Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT SidoMuncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi.
Kualitas prima serta khasiat yang sudah terbukti membuat produk-produk yang dihasilkan oleh PT Sido Muncul memiliki tingkat penjualan yang tinggi di Indonesia. Bahkan produk unggulannya kerap kali berhasil meraih penghargaan. Yang terbaru 3 produknya mendapat predikat Top Brand Award tahun 2013 dalam kategori “ Energi Drink Powder,” Vitality Enhancer for Man “ dan “Herbal Medicine Against Cold” masing-masing untuk produk Kuku Bima Energi, Kuku Bima TL dan Tolak Angin

III.             Analisis Kegiatan Corporate Philanthropy di PT Sido Muncul
Dari Hasil survei yang dilakukan majalah Bloomberg Business Week bekerjasama dengan Frontier Consulting Group berhasil menjaring 22 perusahaan yang berhasil meraih penghargaan Corporate Image Award 2012. Salah satu perusahaan yang berhasil meraih penghargaan Corporate Image IMACAward 2012 dengan kategori “ Trafisional Herbal Medicine” berhasil diraih PT Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul.
Terpilihnya Sidomuncul meraih penghargaan IMAC ( The Indonesia’s Most Admired Companies ) Award 2012 karena Sidomuncul merupakan salah satu perusahaan yang dikagumi di Indonesia berdasarkan survei yang dilakukan oleh frontier terhadap empat kelompok responden yang terdiri dari 240 jurnalis, 240 investor, 320 kalangan manajemen (middle up to high level executives) dan dari 1.680 public. Pengukuran Corporate Image menggunakan empat dimensi yang terdiri dari Quality Performance Responsibility dan Attractiveness. Sedang dimensi Quality terdiri dari empatatribut, yaitu “Perhatian terhadap konsumen tinggi”, produk dan jasa berkualitas tinggi, sebagai perusahaan yang dapat dipercaya serta merupakan perusahaan yang inovatif.
Jamu yang bukan sebuah produk yang harus dikonsumsi setiap orang membuat  perusahaan ini harus selalu berusaha terus mepertahankan eksistensinya dimasyarakat selain itu persaingan bisnis yang berkembang pesat akhir-akhir ini juga menjadi salah satu alasan PT. Sido Muncul untuk terus mempertahankan eksistensinya ditengah masyarakat. Banyak hal yang dilakukan mulai dengan melakukan inovasi-inovasi baru disetiap produknyya hingga melakukan kegiatan kedermawanan perusahaan.

Selama bertahun-tahun PT Sido Muncul secara konsisten melakukan aksi sosial, bahkan Direktur Utama PT Sidomuncul Irwan Hidayat masuk dalam jajaran 48 orang paling dermawan di Asia Pasifik oleh majalah bisnis Forbes beberapa waktu lalu. Berikut ini adalah bentuk-bentuk kegiatan Corporate Philanthropy yang telah dilakukan oleh PT Sido Muncul :


A.Program Corporate Philanthropy dalam bentuk sumbangan uang tunai.
1.





Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, bertempat di Masjid Agung  Al-Barkah Bekasi , Sidomuncul berbagi kasih bersama 1.000 anak panti asuhan  yang ada di  Bekasi. Pada kesempatan kegiatan berbagi kasih Kamis 18 Juli 2013 di Bekasi  Direktur Utama Sidomuncul  Irwan Hidayat  menyerahkan  bantuan berupa uang tunia  senilai Rp 100 juta  dan  diserahlan   secara simbolis kepada  Walkota Bekasi  Dr Rahmat Effendy. Bantuan kepada 1000 anak panti asuhan  merupakan salah satu program sosial  yang dilakukan Sidomuncul  sejak beberapa tahun lalu. Berbagai anak  panti asuhan yang telah  mendapat santunan  selama ini  antara lain  Jakarta, Pamulang, Bogor, Karawang, Purwakarta, Semarang, Banjarmasin, Lampung, Medan, dan Bali dengan bantuan  masing-masing  sebesar  Rp 100 juta.
2.

Pasien keluarga miskin rawat jalan RSCM yang menginap di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesai mendapat sumbangan uang tunai pada 21 Juni 2008. Bila pada hari sebelumnya pasien beserta keluarga hanya mendapat bantuan logistik semacam selimut, bantal, dan makanan, kini mereka sudah mendapat bantuan berupa uang tunai Rp. 2 juta . Selain itu, para pasien dan keluarganya juga diberikan uang makan sebesar Rp 30.000 per hari. Bantuan ini dalam rangka meringankan beban para pasien yang tidak tertampung di RSCM selagi mereka menunggu bantuan dari pemerintah.

3.  Fakhry FOTO? DATA KURANG LENGKAP.
Sido Muncul memberikan bantuan kepada para korban bencana alam. PT Sido Muncul bantu korban gempa Tasikmalaya dengan memberikan sembako dan kebutuhan lainnya di tempat pengungsian di tenda darurat, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jumat (4/9) 2009. Para korban gempa di Tasikmalaya diberikan sumbangan uang tunai dengan total Rp 400 juta. Bantuan yang diberikan langsung oleh Direktur Utama PT Sido Muncul, Irwan Hidayat, disambut gembira oleh ratusan warga di pengungsian yang diterima langsung oleh petugas posko penanggulangan bencana di kantor kelurahan Sukajaya. "Ini sebagai kepedulian Sido Muncul kepada korban gempa, apalagi bencana ini terjadi tepat pada bulan Ramadhan, namun diharapkan warga tidak terganggu untuk menjalankan ibadah puasa," katanya.
B. Program Corporate Philanthropy dalam bentuk bantuan hibah.
1. Foto DATA!
Sido Muncul memberikan bantuan Rp 1 miliar kepada PMI untuk pengadaan kacamata
bagi masyarakat tidak mampu dan kegiatan sosial lainnya. Dan sebelumnya Sido Muncul
memberikan bantuan senilai Rp 1 miliar bagi para pasien tidak mampu melalui beberapa Rumah Sakit seperti Poli Klinik Mata RSCM, RS Mitra Keluarga Bekasi, RSUD Dr Hasan Sadikin, RS Imanuel Bandung, RSUD Dr Moewardi, RS Muhammadiyah, dan RS Orthopedi Prof Dr Soeharso Solo.
2.  Fakry FOTO DATA!

Di tengah kepedihannya harus hidup di pengungsian, ratusan korban kebakaran di RW 07 Kelurahan Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakpus, akhirnya bisa tersenyum gembira setelah Sido Muncul memberikan bantuan hibah peralatan rumah tangga darurat untuk para korban kebakaran di beberapa daerah pada 11 Agustus 2012. Bantuan berupa kasur lipat, selimut, tenda, dan sembako. Selain bantuan dari PT Sido Muncul, bantuan dari Pemprov, Pemkot Jakpus, PMI, perorangan, organisasi masyarakat, parpol dan perusahaan lain juga sudah berdatangan. Namun umumnya bantuan berupa makanan, obat-pbatan, pakaian dan selimut.

3.  mas Bram FOTO DATA!

Bantuan peralatan untuk operasi katarak kepada PERDAMI (Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia) 
Alokasi dana
-           Tahun 2013 : 13 miliar rupiah
-           Tahun 2012 : 12 miliar rupiah
C. Program corporate philanthropy dalam bentuk pemberian layanan cuma-cuma.
1, mas bram FOTO!
Katarak merupakan penyebab kebutaan terbesar di Indonesia. Banyak warga Indonesia penderita katarak yang tidak mampu terhambat masalah biaya untuk menempuh operasi penyembuhan penyakitnya. Sebagai bagian dari bentuk Corporate Social Responsibility-nya, sejak tahun 2011  PT Sido Muncul memiliki program pemeriksaan mata gratis untuk anak dan operasi katarak gratis bagi pasien tidak mampu.
Bekerja sama dengan :PERDAMI (Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia) ,Kementrian Negara Percepatan Daerah Tertinggal ,Pengurus PB NU ,TNI dan POLRI . 
Bantuan Hibah
Penerima manfaat :
-           Tahun 2013 : 15.000 pasien (operasi katarak untuk pasien tidak mampu dan pemeriksaan gratis untuk anak SD) , 19 Provinsi , 68 kota, 93 rumah sakit

2. 




Sebagai bentuk kepedulian dan ucapan terima kasih kepada para pedagang jamu, PT Sido Muncul menyelenggarakan kegiatan Mudik Gratis Bersama Pedagang Jamu se-Jabotabek. Kegiatan mudik gratis tahun 2013 ini sudah ke-24 kalinya ini  diadakan
Kegiatan mudik gratis ke-24 diikuti oleh 22.000 pedagang jamu sejabodetabek beserta keluarganya dan para pedagang asongan. Dengan menggunakan 300 unit bus, keberangkatan para pemudik secara serentak diberangkatkan dari Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang dan Cikampek dengan tujuh kota tujuan yaitu Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjar Negara, Solo, Wonogiri dan Yogyakarta.Kegiatan mudik gratis Sido Muncul bersama pedagang jamu se-jabotabek dimulai sejak tahun 1991. Sebagai pionir kegiatan Mudik Gratis, Sido Muncul akan terus melakukan tradisi ini. Awalnya kegiatan mudik ini hanya untuk para pedagang jamu bersama keluarganya. Namun seiring waktu berjalan sejak tahun 2004 bersamaan dengan adanya divisi baru (divisi food) di Sido Muncul, mudik gratis juga diikuti oleh pedagang asongan yang menjual produk-produk Sido Muncul. Direktur Utama PT Sido Muncul, Irwan Hidayat mengatakan selain telah menjadi tradisi perusahaan dan bagian dari ucapan terima kasih kepada para penjual jamu yang telah membantu memasarkan produk-produk SidoMuncul.

IV.             Kesimpulan
Setiap tahun, perusahaan jamu Sido Muncul menyediakan dana untuk melakukan kegiatan sosial sekitar Rp12 miliar. Namun dana ini bisa bertambah hal ini sangat tergantung pada acara kegiatan bersifat sosial sekaligus terjadinya musibah yang terjadi di negeri ini.
Sido Muncul sebagai perusahaan jamu dan farmasi, sering mengadakan kegiatan sosial seperti menyantuni korban musibah seperti banjir, selain itu. PT Sido Muncul juga memberikan bantuan kepada 1.000 anak yatim piatu dan kaum dhuafa dengan total bantuan senilai Rp500 juta. Program social yang menjadi andalan PT Sido Muncul adalah Operasi mata gratis bagi warga masyarakat yang menderita katarak. Selanjutnya bertepatan dengan menjelang Hari Raya Lebaran, Sido Muncul memberikan program mudik gratis bagi pegadang jamu dan pedagang asongan yang secara serentak dari Jakarta, Bandung, Tangerang, Cikampek, Cibinong, dan Cilegon

PT Sido Muncul dalam perjalanan bisnisnya bisa bertambah besar, di mana hal ini diyakini tidak lepas dari program sosial atau tangungjawab sosial perusahaan yang telah dilakukan. Direktur Utama PT Sido Muncul, Irwan Hidayat, memandang CSR yang paling utama dilakukan perusahaan adalah aktivitas sosial bagi lingkungan. Mengingat hal ini akan dirasakan betul oleh masyarakat. Sejauh ini, Sido Muncul telah melakukan berbagai aktivitas sosial dalam kaitannya dengan CSR. Perusahaan juga melakukan bentuk CSR yang lain untuk memberi kemanfaatan bagi lingkungan dan bisa diimplementasikan dalam lingkup yang lebih luas dan sesuai keadaan.

No comments:

Post a Comment