ANALISIS CORPORATE
PHILANTROPY
PADA PT SIDO MUNCUL
I.
Corporate
Philanthropy
Corporate
philanthropy atau kedermawanan perusahaan mungkin merupakan bentuk tanggung
jawab perusahaan yang paling tua. Pada
aktivitas ini perusahaan memberikan
sumbangan langsung dalam bentuk derma untuk kalangan masyarakat tertentu.
Sumbangan tersebut biasanya berbentuk pemberian uang secara tunai,
bingkisan/paket bantuan atau pelayanan secara cuma-cuma. Kegiatan filantropi
biasanya berkaitan dengan berbagai kegiatan sosial yang menjadi prioritas
perhatian perusahaan. Benefit yang dapat diperoleh perusahaan dengan
melaksanakan kegiatan corporate philanthropy adalah meningkatkan reputasi
perusahaan, memperkuat bisnis perusahaan di masa depan dan memberi dampak bagi
penyelesaian masalah sosial dalam komunitas lokal.
•
Berbagai program corporate philanthropy yang dilaksanakan perusahaan antara lain:
a.
Program corporate philanthropy dalam bentuk sumbangan uang tunai.
b.
Program corporate philanthropy dalam bentuk bantuan hibah.
c.
Program corporate philanthropy dalam bentuk penyediaan beasiswa.
d.
Program corporate philanthropy dalam bentuk pemberian produk.
e.
Program corporate philanthropy dalam bentuk pemberian layanan cuma-cuma.
f.
Program corporate philanthropy dalam bentuk penyediaan keahlian teknis oleh
karyawan perusahaan secara cuma-cuma.
g.
Program corporate philanthropy dengan mengijinkan penggunaan fasilitas dan
saluran distribusi yang dimiliki perusahaan untuk digunakan bagi kegiatan
sosial.
h.
Program corporate philanthropy yang dilakukan perusahaan dengan cara menawarkan
penggunaan peralatan yang dimiliki oleh perusahaan.
II.
Profil
Perusahaan

PT
SidoMuncul bermula dari sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940, dikelola
oleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta, dan dibantu oleh tiga orang karyawan.
Usaha terus bertumbuh hingga kini dengan pabrik baru yang berlokasi Ungaran,
dengan luas 29 ha tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan
Sosial Republik Indonesia, dr Achmad Sujudi pada tanggal 11 November 2000. Saat
peresmian pabrik, Sido Muncul sekaligus menerima dua sertifikat yaitu Cara
Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik
(CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT
SidoMuncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi.



Kualitas
prima serta khasiat yang sudah terbukti membuat produk-produk yang dihasilkan
oleh PT Sido Muncul memiliki tingkat penjualan yang tinggi di Indonesia. Bahkan
produk unggulannya kerap kali berhasil meraih penghargaan. Yang terbaru 3
produknya mendapat predikat Top Brand Award tahun 2013 dalam kategori “ Energi Drink
Powder,” Vitality Enhancer for Man “ dan “Herbal Medicine Against Cold”
masing-masing untuk produk Kuku Bima Energi, Kuku Bima TL dan Tolak Angin
III.
Analisis
Kegiatan Corporate Philanthropy di PT Sido Muncul
Dari
Hasil survei yang dilakukan majalah Bloomberg Business Week bekerjasama dengan
Frontier Consulting Group berhasil menjaring 22 perusahaan yang berhasil meraih
penghargaan Corporate Image Award 2012. Salah satu perusahaan yang berhasil
meraih penghargaan Corporate Image IMACAward 2012 dengan kategori “ Trafisional
Herbal Medicine” berhasil diraih PT Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul.
Terpilihnya
Sidomuncul meraih penghargaan IMAC ( The Indonesia’s Most Admired Companies )
Award 2012 karena Sidomuncul merupakan salah satu perusahaan yang dikagumi di
Indonesia berdasarkan survei yang dilakukan oleh frontier terhadap empat
kelompok responden yang terdiri dari 240 jurnalis, 240 investor, 320 kalangan
manajemen (middle up to high level executives) dan dari 1.680 public.
Pengukuran Corporate Image menggunakan empat dimensi yang terdiri dari Quality
Performance Responsibility dan Attractiveness. Sedang dimensi Quality terdiri
dari empatatribut, yaitu “Perhatian terhadap konsumen tinggi”, produk dan jasa
berkualitas tinggi, sebagai perusahaan yang dapat dipercaya serta merupakan
perusahaan yang inovatif.
Jamu
yang bukan sebuah produk yang harus dikonsumsi setiap orang membuat perusahaan ini harus selalu berusaha terus
mepertahankan eksistensinya dimasyarakat selain itu persaingan bisnis yang
berkembang pesat akhir-akhir ini juga menjadi salah satu alasan PT. Sido Muncul
untuk terus mempertahankan eksistensinya ditengah masyarakat. Banyak hal yang
dilakukan mulai dengan melakukan inovasi-inovasi baru disetiap produknyya
hingga melakukan kegiatan kedermawanan perusahaan.

Selama bertahun-tahun PT Sido Muncul secara konsisten melakukan aksi sosial, bahkan Direktur Utama PT Sidomuncul Irwan Hidayat masuk dalam jajaran 48 orang paling dermawan di Asia Pasifik oleh majalah bisnis Forbes beberapa waktu lalu. Berikut ini adalah bentuk-bentuk kegiatan Corporate Philanthropy yang telah dilakukan oleh PT Sido Muncul :
A.Program Corporate
Philanthropy dalam bentuk sumbangan uang tunai.
1.


Sebagai
bentuk kepedulian terhadap sesama, bertempat di Masjid Agung Al-Barkah Bekasi , Sidomuncul berbagi kasih
bersama 1.000 anak panti asuhan yang ada
di Bekasi. Pada kesempatan kegiatan
berbagi kasih Kamis 18 Juli 2013 di Bekasi
Direktur Utama Sidomuncul Irwan
Hidayat menyerahkan bantuan berupa uang tunia senilai Rp 100 juta dan
diserahlan secara simbolis
kepada Walkota Bekasi Dr Rahmat Effendy. Bantuan kepada 1000 anak
panti asuhan merupakan salah satu
program sosial yang dilakukan
Sidomuncul sejak beberapa tahun lalu.
Berbagai anak panti asuhan yang telah mendapat santunan selama ini
antara lain Jakarta, Pamulang,
Bogor, Karawang, Purwakarta, Semarang, Banjarmasin, Lampung, Medan, dan Bali
dengan bantuan masing-masing sebesar
Rp 100 juta.
2.
![]() |
Pasien keluarga miskin rawat jalan RSCM yang menginap di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesai mendapat sumbangan uang tunai pada 21 Juni 2008. Bila pada hari sebelumnya pasien beserta keluarga hanya mendapat bantuan logistik semacam selimut, bantal, dan makanan, kini mereka sudah mendapat bantuan berupa uang tunai Rp. 2 juta . Selain itu, para pasien dan keluarganya juga diberikan uang makan sebesar Rp 30.000 per hari. Bantuan ini dalam rangka meringankan beban para pasien yang tidak tertampung di RSCM selagi mereka menunggu bantuan dari pemerintah.
![]() |
3. Fakhry FOTO? DATA KURANG LENGKAP.
Sido
Muncul memberikan bantuan kepada para korban bencana alam. PT Sido Muncul bantu
korban gempa Tasikmalaya dengan memberikan sembako dan kebutuhan lainnya di
tempat pengungsian di tenda darurat, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya,
Jumat (4/9) 2009. Para korban gempa di Tasikmalaya diberikan sumbangan uang
tunai dengan total Rp 400 juta. Bantuan yang diberikan langsung oleh Direktur
Utama PT Sido Muncul, Irwan Hidayat, disambut gembira oleh ratusan warga di
pengungsian yang diterima langsung oleh petugas posko penanggulangan bencana di
kantor kelurahan Sukajaya. "Ini sebagai kepedulian Sido Muncul kepada
korban gempa, apalagi bencana ini terjadi tepat pada bulan Ramadhan, namun
diharapkan warga tidak terganggu untuk menjalankan ibadah puasa," katanya.
B. Program Corporate
Philanthropy dalam bentuk bantuan hibah.
1.
Foto DATA!

Sido
Muncul memberikan bantuan Rp 1 miliar kepada PMI untuk pengadaan kacamata
bagi
masyarakat tidak mampu dan kegiatan sosial lainnya. Dan sebelumnya Sido Muncul
memberikan
bantuan senilai Rp 1 miliar bagi para pasien tidak mampu melalui beberapa Rumah
Sakit seperti Poli Klinik Mata RSCM, RS Mitra Keluarga Bekasi, RSUD Dr Hasan
Sadikin, RS Imanuel Bandung, RSUD Dr Moewardi, RS Muhammadiyah, dan RS
Orthopedi Prof Dr Soeharso Solo.
2. Fakry FOTO DATA!

Di tengah kepedihannya harus hidup di pengungsian, ratusan korban kebakaran di RW 07 Kelurahan Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakpus, akhirnya bisa tersenyum gembira setelah Sido Muncul memberikan bantuan hibah peralatan rumah tangga darurat untuk para korban kebakaran di beberapa daerah pada 11 Agustus 2012. Bantuan berupa kasur lipat, selimut, tenda, dan sembako. Selain bantuan dari PT Sido Muncul, bantuan dari Pemprov, Pemkot Jakpus, PMI, perorangan, organisasi masyarakat, parpol dan perusahaan lain juga sudah berdatangan. Namun umumnya bantuan berupa makanan, obat-pbatan, pakaian dan selimut.
3. mas Bram FOTO DATA!
Bantuan
peralatan untuk operasi katarak kepada PERDAMI (Persatuan Dokter Ahli Mata
Indonesia)
Alokasi
dana
- Tahun 2013 : 13 miliar rupiah
- Tahun 2012 : 12 miliar rupiah
C. Program corporate
philanthropy dalam bentuk pemberian layanan cuma-cuma.
1,
mas bram FOTO!
Katarak
merupakan penyebab kebutaan terbesar di Indonesia. Banyak warga Indonesia
penderita katarak yang tidak mampu terhambat masalah biaya untuk menempuh
operasi penyembuhan penyakitnya. Sebagai bagian dari bentuk Corporate Social
Responsibility-nya, sejak tahun 2011 PT
Sido Muncul memiliki program pemeriksaan mata gratis untuk anak dan operasi
katarak gratis bagi pasien tidak mampu.
Bekerja
sama dengan :PERDAMI (Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia) ,Kementrian Negara
Percepatan Daerah Tertinggal ,Pengurus PB NU ,TNI dan POLRI .
Bantuan
Hibah
Penerima
manfaat :
- Tahun 2013 : 15.000 pasien (operasi
katarak untuk pasien tidak mampu dan pemeriksaan gratis untuk anak SD) , 19
Provinsi , 68 kota, 93 rumah sakit
2. 


Sebagai
bentuk kepedulian dan ucapan terima kasih kepada para pedagang jamu, PT Sido
Muncul menyelenggarakan kegiatan Mudik Gratis Bersama Pedagang Jamu
se-Jabotabek. Kegiatan mudik gratis tahun 2013 ini sudah ke-24 kalinya ini diadakan
Kegiatan
mudik gratis ke-24 diikuti oleh 22.000 pedagang jamu sejabodetabek beserta
keluarganya dan para pedagang asongan. Dengan menggunakan 300 unit bus,
keberangkatan para pemudik secara serentak diberangkatkan dari Jakarta,
Bandung, Bogor, Tangerang dan Cikampek dengan tujuh kota tujuan yaitu Cirebon,
Kuningan, Tegal, Banjar Negara, Solo, Wonogiri dan Yogyakarta.Kegiatan mudik
gratis Sido Muncul bersama pedagang jamu se-jabotabek dimulai sejak tahun 1991.
Sebagai pionir kegiatan Mudik Gratis, Sido Muncul akan terus melakukan tradisi
ini. Awalnya kegiatan mudik ini hanya untuk para pedagang jamu bersama
keluarganya. Namun seiring waktu berjalan sejak tahun 2004 bersamaan dengan
adanya divisi baru (divisi food) di Sido Muncul, mudik gratis juga diikuti oleh
pedagang asongan yang menjual produk-produk Sido Muncul. Direktur Utama PT Sido
Muncul, Irwan Hidayat mengatakan selain telah menjadi tradisi perusahaan dan
bagian dari ucapan terima kasih kepada para penjual jamu yang telah membantu
memasarkan produk-produk SidoMuncul.
IV.
Kesimpulan
Setiap
tahun, perusahaan jamu Sido Muncul menyediakan dana untuk melakukan kegiatan sosial
sekitar Rp12 miliar. Namun dana ini bisa bertambah hal ini sangat tergantung
pada acara kegiatan bersifat sosial sekaligus terjadinya musibah yang terjadi
di negeri ini.
Sido
Muncul sebagai perusahaan jamu dan farmasi, sering mengadakan kegiatan sosial
seperti menyantuni korban musibah seperti banjir, selain itu. PT Sido Muncul
juga memberikan bantuan kepada 1.000 anak yatim piatu dan kaum dhuafa dengan
total bantuan senilai Rp500 juta. Program social yang menjadi andalan PT Sido
Muncul adalah Operasi mata gratis bagi warga masyarakat yang menderita katarak.
Selanjutnya bertepatan dengan menjelang Hari Raya Lebaran, Sido Muncul
memberikan program mudik gratis bagi pegadang jamu dan pedagang asongan yang
secara serentak dari Jakarta, Bandung, Tangerang, Cikampek, Cibinong, dan
Cilegon
PT
Sido Muncul dalam perjalanan bisnisnya bisa bertambah besar, di mana hal ini
diyakini tidak lepas dari program sosial atau tangungjawab sosial perusahaan
yang telah dilakukan. Direktur Utama PT Sido Muncul, Irwan Hidayat, memandang
CSR yang paling utama dilakukan perusahaan adalah aktivitas sosial bagi
lingkungan. Mengingat hal ini akan dirasakan betul oleh masyarakat. Sejauh ini,
Sido Muncul telah melakukan berbagai aktivitas sosial dalam kaitannya dengan
CSR. Perusahaan juga melakukan bentuk CSR yang lain untuk memberi kemanfaatan
bagi lingkungan dan bisa diimplementasikan dalam lingkup yang lebih luas dan
sesuai keadaan.
No comments:
Post a Comment